Sinergi LBH Sembada Bersama Yayasan Sayap Ibu, Komitmen Dampingi Anak dan Disabilitas

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – LBH Sembada menjalin kerjasama dengan Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY dalam bidang hukum. Dengan kerjasama ini baik LBH Sembada dan Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY berkomitmen akan saling mendukung tugas dan kegiatan masing-masing institusi.

Ketua Pembina sekaligus Pendiri LBH Sembada, Sapto Nugroho Wusono SH MH mengatakan kerjasama ini dituangkan dalam suatu nota kesepahaman. Dari pihaknya dilakukan langsung Direktur LBH Sembada, Henrikus Indhayana Yudha Prasetya SH sedangkan Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY ditandatangani ketua BRAy Arum Yudaningrat SH.

“Sebenarnya kerjasama antara LBH Sembada dengan Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY sudah berlangsung lama. Secara formal kerjasama tersebut kemudian kami tuangkan dalam suatu nota kesepaham yang disepakati bersama,” kata Sapto di kantor LBH Sembada kawasan Jalan Jambon Trihanggo Gamping Sleman, Minggu (09/01/2022).

Ia mengatakan antara LBH Sembada dan Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY memiliki banyak kesamaan. Keduanya selama ini fokus dalam hal kegiatan pendampingan khususnya bagi anak maupun kaum disabilitas.

Kesamaan inilah yang menurut Sapto menjadi sinergi yang kuat untuk dapat saling mengisi. Dengan kerjasama ini maka tujuan utama kedua lembaga untuk mendampingi anak dan kaum disabilitas dapat terwujud.

“Kami akan mengisi dalam bidang hukum. Selama ini kami selalu memperjuangkan hak-hak perempuan, anak maupun kaum disabilitas. Jadi secara umum tujuan kami sama, yakni memberikan pendampingan bagi mereka,” Direktur LBH Sembada, Henrikus Indhayana Yudha Prasetya SH menembahkan.

Ketua Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY, BRAy Arum Yudaningrat SH mengungkapkan dalam melakukan pendampingan yayasan yang dipimpinnya ini sering berhubungan dengan hukum. Misalnya perihal pengangkatan anak, dimana di dalamnya terdapat aspek-aspek hukum yang mengaturnya.

“Oleh karenanya kami menggandeng LBH Sembada, salah satunya untuk hal itu. Kedepan kami berharap Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY lebih kuat dan solid dan sinergi yang terjalin akan lebih baik,” jelas BRAy Arum Yudaningrat.

Penandatangana nota kesepahaman ini telah dilaksanakan Jumat (07/01/2022) lalu di Kantor Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta kawasan Pringwulung Condongcatur Depok Sleman. Selain penandatanganan MoU, dalam kesempatan tersebut Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY juga mengangkat Sapto sebagai advokat yayasan. (Van)

BERITA REKOMENDASI