SMA Angkasa Adisutjipto Gelar Donor Darah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – SMA Angkasa Adisutjipto menggelar donor darah yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kapanewon Depok Sleman, Jumat (26/03/2021). Kegiatan sosial ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-51 SMA Angkasa Adisutjipto, dimana acara puncak akan dilaksanakan pada 1 April mendatang.

Dalam aksi donor darah ini SMA Angkasa Adisutjipto menggandeng PMI Kapanewon Depok. Selain para guru dan siswa, donor darah juga diikuti oleh masyarakat Depok maupun warga yang selama ini menjadi pendonor darah aktif.

Guru sekaligus ketua panitia, Vidya Windy Nurfatiar SPd mengatakan donor darah ini merupakan kegiatan pertama dilakukan di luar sekolah selama masa pandemi. Kendati demikian, pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Para pendonor dapat segera meninggalkan tempat setelah mendonorkan darahnya, sehingga tidak terjadi kerumunan. Selain itu kegiatan ini merupakan aksi sosial yang bertujuan membantu sesama,” kata Vidya.

Ia menambahkan donor darah sengaja dipilih untuk melatih para siswa lebih peka serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dengan menumbuhkan semangat ini sejak dini diharapkan akan dapat membentuk karakter siswa yang nantinya berguna bagi kehidupan kedepan.

“Siswa belajar tentang kemanusiaan, bekerjasama dan nilai-nilai positif lainnya. Ini juga momen yang tepat para siswa, walau hanya satu hari namun bisa mengobati kerinduan kepada teman maupun guru setelah hampir satu tahun tidak bertemu karena terhalang pandemi,” tambahnya.

Salah seorang siswa, Cahya Shinta Ansiska mengaku senang bisa terlibat dalam aksi sosial ini. Didampingi Ketua OSIS SMA Angkasa Adisutjipto, Ibramsyah Lutfi, ia mengajak para siswa dimana pun untuk selalu meningkatkan kepedulian dan bisa bermanfaat bagi sesama.

“Kita sebagai siswa harus aktif dan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai generasi bangsa, semangat cinta terhadap tanah air dan sesama harus selalu kita miliki,” katanya.

Sementara itu Ketua PMI Depok, Endro Parmono menyambut positif kegiatan yang dilakukan para siswa ini. Besar harapannya, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah persediaan kantong-kantong darah dimana nantinya akan dipergunakan bagi mereka yang membutuhkan.

Dari donor darah ini berhasil terkumpul sekitar 16 kantong darah yang nantinya akan didistribusikan kepada PMI Depok. Setelah donor darah, rangkaian kegiatan HUT ke-51 SMA dilanjutkan tryout bagi para siswa SMP serta ditutup dengan acara puncak yakni panggung virtual. (Van)

BERITA REKOMENDASI