Sofwan Ardyanto Bagikan Beras dari Puan untuk Warga Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk kepedulian sosial, Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani memberikan bantuan berupa beras premium kepada masyarakat Indonesia. Adapun bantuan tersebut ditujukan sebagai upaya memperkuat tenaga marhaen, terutama bagi mereka yang terdampak Pandemi Covid-19.

Bentuk kepedulian sosial dari Puan Maharani ini juga turut direalisasikan di teritori Kabupaten Temanggung. Melalui Wakil Bidang Rekrutmen dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sofwan D Ardyanto, distribusi beras premium ini difokuskan di wilayah Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Temanggung, Senin (03/01/2022).

Dalam penyerahan secara simbolis tersebut, Sofwan mengungkapkan bahwasanya konsepsi yang diaktualisasikan dengan tindakan konkret dari Puan Maharani ini merupakan refleksi dari Mars PNI yang pada dasarnya memiliki relasi yang intensif dengan PDI Perjuangan. Semangat mengabdi kepada tanah air dan bangsa menurutnya akan terlaksana dengan optimal jikalau terdapat praktik terarah serta terukur di lapangan.

“Sebuah penggalan lirik dalam Mars PNI berbunyi ‘Serasa Sama Bahagia’. Kita ketahui bersama bahwa PNI memiliki keterikatan yang erat dengan PDI Perjuangan. Adapun pembagian beras premium dari Mbak Puan Maharani ini merefleksikan terhadap eksistensi mars PNI tersebut, kader Partai harus berbagi kebahagiaan terhadap masyarakat di sekitarnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sofwan juga menyatakan pembagian bantuan dari Puan Maharani tersebut diaktualisasikan dengan melibatkan jajaran struktural partai dan tokoh masyarakat. Dengan demikian nantinya diharapkan akan membentuk sinergitas yang harmonis sehingga kesejahteraan sosial dapat teralisasikan secara komprehensif.

“PDI Perjuangan adalah partai barisan, antara PAC dan Ranting tentu harus berperan aktif dalam setiap program yang dicanangkan. Bantuan dari Mbak Puan Maharani ini nantinya akan dikawal oleh struktural partai dalam distribusinya. Di sisi lain, terdapat tokoh masyarakat yang kita libatkan sehingga ke depan kita harapkan akan tumbuh sebuah harmonisasi sosial yang lebih baik,” tambahnya.

Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung, Yunianto memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas bantuan beras premium yang diberikan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut merefleksikan terhadap nilai Pancasila khusunya sila Kemanusiaan mengingat tidak sedikit masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19 baik secara ekonomi maupun sosial.

“Bantuan tersebut tentu memberikan dampak positif bagi masyarakat yang saat ini terdampak Pandemi Covid-19. Di sisi lain, beras ini juga diambil dari petani lokal. Tentu hal tersebut dapat membangkitkan ekonomi dan bukti realisasi terwujudnya kedaulatan pangan. Kontribusi sosial ini adalah bentuk implementasi sila kemanusiaan yang secara realistis memberikan dampak konstruktif di tengah kehidupan masyarakat,” paparnya.

Bentuk tali kasih dari Puan Maharani ini nantinya ditargetkan akan menyasar pada masyarakat yang pada fakta dan realitasnya memang membutuhkan bantuan. Diungkapkan oleh KomandanTe Kecamatan Temanggung, Agung Priyo Widodo bahwasanya penerima bantuan tersebut dipilih berdasarkan pada data dengan menggunakan metode croscheck lapangan.

“Bukan hanya untuk kader partai yang pada faktanya membutuhkan bantuan saja, tetapi kami juga menyasar kepada wong cilik di lingkungan sekitar yang telah kami tinjau langsung ke lapangan memang membutuhkan uluran tangan. Ini adalah bentuk tindakan kita dalam rangka ‘Melu Memayu Hayuning Bawono’, tugas ideologis seorang kader Partai,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh KomandanTe Kecamatan Kranggan, Gunawan Adi Purnomo yang menyatakan bahwasanya giat distribusi bantuan dari Puan Maharani ini menggunakan pendekatan yang inklusif. Hal tersebut ditujukan supaya nantinya masyarakat kecil dapat terbantu secara optimal dengan adanya bantuan dari Puan Maharani ini.

“Kita distribusikan by data sebagai bentuk transparani serta untuk memastikan sasaran penerimanya tepat. Bantuan dari Puan Maharani ini harus kita kawal dengan baik, seluruh jajaran struktural partai harus turut memantau dan meninjau ke lapangan. Semoga masyarakat teringankan bebannya akibat gejolak ekonomi pasca Pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI