Subardi Ingatkan KPU Terapkan Prokes di TPS

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi mengingatkan KPU untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia mewanti-wanti, dalam perhelatan akbar lima tahunan ini khususnya tahapan pencoblosan di TPS jangan sampai menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Penerapan prokes harus diperhatikan oleh penyelenggara pemilu. Pengaturan keluar-masuk warga sebagai pemilih agar lebih tertib, tidak berkerumun,” ungkap Subardi di Sleman, Selasa (08/12/2020).

Politisi Partai NasDem ini mengingatkan, semboyan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak harus dilaksanakan secara disiplin. Bila perlu selain panitia pemungutan suara, juga harus ada pula petugas yang secara khusus mengawasi jalannya prokes di TPS.

“Kewajiban penyelenggara pemilu kini tidak hanya memastikan hak pilih warga berjalan baik, namun penerapan prokes juga wajib berjalan baik. Dua-duanya penting. Tidak boleh salah satunya diabaikan,” tegas Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Ia juga mengingatkan kepada KPU untuk tetap memenuhi hak suara bagi para pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam hal ini KPU dapat bekerjasama dengan pihak rumah rujukan untuk menyediakan TPS khusus atau petugas yang akan mendatangi pasien satu perasatu.

Subardi tak ketinggalan mengingatkan masyarakat untuk datang ke TPS, Rabu (09/12/2020) besok guna memberikan hak suaranya. Suara yang diberikan bakal menentukan pemimpin terbaik untuk memimpin daerah masing-masing hingga empat tahun mendatang. (Van)

BERITA REKOMENDASI