Subardi Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan di Pengungsian

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan pemerintah daerah dalam menangani pengungsi khususnya warga sekitar lereng Merapi wilayah Sleman. Namun demikian ia tetap mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk selalu memperhatikan dan menjaga protokol kesehatan di barak pengungsian. Jangan sampai tempat pengungsian justru menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Saat ini warga lereng Merapi di wilayah Sleman terkonsentrasi di barak pengungsian Glagaharjo Cangkringan. Sekitar 300 warga meninggalkan rumahnya untuk berada di tempat ini menunggu hingga kondisi Merapi benar-benar aman.

“Penanganan yang dilakukan sudah cepat dan baik, namun sekarang yang harus diperhatikan adalah bagaiman saat warga berada di pengungsian. Makan dan minum terjamin dengan baik tidak, protokol kesehatan dilaksanakan dengan semestinya tidak. Itu yang harus diperhatikan,” tegas Subardi, Jumat (13/11/2020).

Ketua DPW NasDem DIY ini juga menilai langkah pemerintah daerah menggelar rapid tes saat pengungsi pertama kali masuk barak sudah tepat. Ruang dalam barak yang dibuat sekat-sekat juga tindakan yang tepat untuk membatasi interaksi warga selama di pengungsian.

Sekarang yang harus dilakukan pemerintah yakni menjaga dan mempertahankan agar pelaksanaan protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik di sana. Bila perlu ada petugas yang khusus ditempatkan untuk mengawasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat guna melaksanakan upaya tersebut.

“Ratusan warga berkumpul jadi satu dalam suatu tempat, tentunya ada satu dua yang lupa. Petugas harus selalu memberitahu dan tak boleh lelah mengingatkan, namun tentunya tetap dengan cara persuasif,” tambahnya.

Subardi juga meminta kepada para pengungsi dalam situasi seperti ini untuk tetap melaksanakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. Ia berharap level Merapi dapat segera turun sehingga warga bisa kembali ke rumah masing-masing untuk beraktivitas seperti sedia kala. (Van)

BERITA REKOMENDASI