Subardi : Sukseskan Vaksinasi Dengan Semangat Kebangsaan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Anggota MPR Fraksi NasDem, Subardi mengajak segenap masyarakat agar menyukseskan program vaksinasi Covid-19 dengan semangat kebangsaan. Semangat ini perlu didengungkan agar masyarakat tidak ragu menjalani vaksinasi Covid-19. Penegasan ini disampaikan Subardi dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Gedung Teater k

komplek Candi Prambanan Sleman, Selasa (01/12/2020).

“Perlu pendekatan kebangsaan agar masyarakat bersama-sama menyukseskan vaksinasi. Tanpa rasa solidaritas, semangat persatuan dan kerja sama antar masyarakat, program vaksinasi akan terhambat,” ujar politisi yang akrab disapa Mbah Bardi.

Semangat kebangsaan merupakan nilai historis yang diwarisi para sesepuh bangsa. Mereka meninggalkan ego masing-masing dan berhasil mendirikan negara, sekaligus mengikatnya menjadi NKRI.

Menurut Mbah Bardi, ada kesamaan yang dihadapi para sesepuh saat itu dengan kondisi sekarang yakni pendekatan kebangsaan sebagai jalan keluar dari masa-masa sulit. Semua itu terbukti dengan semangat kebangsaan maka kerdekaan yang dimpikam rakyat negeri ini dapat terwujud.

“Para sesepuh kita sudah mencontohkan, solusi keluar dari masa-masa sulit dengan semangat kebangsaan. Relevansinya dengan situasi saat ini, semua elemen bangsa harus memandang vaksin adalah solusi bersama. Harus bersatu menyukseskan program vaksin,” ujarnya.

Menjelang program vaksin yang ditargetkan pemerintah selambat-lambatnya awal tahun 2021, masih banyak tersiar sejumlah isu miring seputar vaksin. Tak sedikit masyarakat yang enggan divaksin karena menganggap ini bagian dari konspirasi.

Sebagian masyarakat juga merasa cemas karena vaksin dapat membahayakan kesehatan. Bagi Mbah Bardi, tantangan ini harus diluruskan dengan pendekatan kebangsaan.

“Saya mengutip artikel dari WHO, bahwa satu dari sepuluh ancaman kesehatan global adalah keraguan orang atas vaksin. Dan ini kita rasakan di Indonesia. Maka solusinya dengan pendekatan kebangsaan. Semua energi bangsa harus bersatu. Kita bersama-sama sukseskan vaksin agar segera keluar dari krisis,” jelas Mbah Bardi.

Agenda sosialisasi 4 pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) diikuti segenap kader NasDem dan masyarakat dari berbagai dusun di Kabupaten Sleman. Mbah Bardi sebagai keynote speaker mengajak masyarakat optimis, dengan nilai-nilai kebangsaan maka Indonesia mampu keluar dari segala macam krisis, termasuk wabah Covid-19 saat ini. (Van)

BERITA REKOMENDASI