Subardi Targetkan Banyak Wirausaha Handal di DIY

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Angota Komisi VI DPR RI Fraksi NasDem Subardi menggelar pelatihan bagi kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menenengah (UMKM) serentak di tiga kabupaten wilayah DIY. Pelatihan ini merupakan program aspirasinya yang ditindaklanjuti bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian sebagai mitra kerjanya.

“Pelatihan kali ini fokus mencetak wirausaha baru. Banyak diantara peserta berasal dari UMKM pemula. Mereka memang butuh pelatihan dan pendampingan agar semangat berusaha dan lebih produktif,” kata politisi yang akrab disapa Mbah Bardi saat pembukaan di salah satu hotel kawasan Seturan Sleman, Senin (29/03/2021).

Saat ditanya adakah target dari pelatihan ini, Subardi mengatakan targetnya untuk mencetak banyak wirausaha handal. “Kita mulai dengan peningkatan kualitas SDM. Saya percaya wirausaha handal berasal dari SDM yang handal,” tegasnya.

Ada tiga jenis pelatihan, yakni servis Handphone (Kota Yogyakarta), olahan susu Kambing Etawa (Samigaluh – Kulonprogo), dan anyaman hasil alam (Semin – Gunungkidul). Pelatihan serentak ini digelar di Kota Yogyakarta, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Acara yang diikuti 60 peserta ini digelar selama empat hari, sejak Senin (29/03/2021) hingga Kamis (01/04/2021).

Selain pelatihan, para peserta akan dibantu akses modal dari Dinas Perindustrian dan dinas Koperasi UKM. Dalam hal ini, jajaran dinas terkait di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang hadir mendampingi Subardi turut mengiyakan program bantuan modal tersebut.

“Bicara UMKM itu bicara modal. Ini penting agar setelah pelatihan, para peserta dapat mengembangkan usahanya. Saya perlu tegaskan mereka akan dibantu akses permodalannya,” terang Ketua DPW NasDem DIY itu.

Kepada peserta, Subardi menceritakan kisahnya menjadi wirausaha handal hingga membawanya ke Senayan. Salah satu tipsnya adalah berani mengambil risiko.

“Harus berani mengambil risiko. Saya beberapa kali jatuh bangun di bidang konstruksi dan properti. Tetapi itulah yang membuat saya tahan banting hingga aktif di dunia politik sejak dua dekade terakhir,” kata Subardi seraya disambut tepuk tangan peserta. (*).

BERITA REKOMENDASI