Sukamta Ajak Generasi Muda Tinggalkan Budaya ‘Mager’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Perkembangan teknologi mempengaruhi perilaku dan budaya masyarakat. Teknologi informasi membuat peluang manusia semakin sedikit bergerak.

WHO tahun 2016 pernah melansir tentang perilaku remaja era global. Hasil survei itu menyebutkan sebanyak 1,6 juta pelajar dari 106 negara diketahui 81 persennya tidak melakukan aktivitas fisik setidaknya satu jam sehari.

“Semakin maju teknologi memaksa orang semakin malas gerak,” kata Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta dalam Seminar IKP Kominfo RI bertema Eksistensi Olahraga pada Era Digital dan Pandemi Covid 19, Jumat (15/10/2021).

Sukamta menyatakan anak muda merupakan generasi penerus bangsa. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan negara ini maka dibutuhkan generasi yang sehat agar negara ini menjadi kuat.

Politisi PKS yang gemar berolahraga bersepeda ini mengatakan jika anak muda malas bergerak maka fungsi fisik tidak akan berkembang. Salah satu yang membuat malas anak muda saat ini untuk beraktivitas fisik dalah satunya yaitu faktor gadget.

“Yang jelas ada korelasinya dengan gadget. Apalagi ngemil sambil main gadget itu juga bisa menimbulkan obesitas,” kata Sukamta.

Munculnya obesitas dapat mempercepat timbulnya munculnya penyakit degeneratif pada usia relatif muda. Di Indonesia sendiri obesitas angkanya meningkat dua kali lipat dan hal serupa juga dialami beberapa negara di Asia seperti Vietnam, Kamboja, India.

Ia mengungkapkan di London hampir semua jalan protokol terdapat jalur sepeda. Indonesia bisa meniru pola penataan seperti itu agar masyarakat rajin berolahraga salah satunya bersepeda.

“Olahraga tidak untuk memperpanjang usia, karena umur seseorang sudah ditakdirka oleh Allah SWT. Olahraga adalah bentuk rasa syukur kita menjaga fisik,” terangnya.

Sementara itu Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama dalam kesempatan ini mengatakan pada masa pandemi seperti saat ini menjaga kebugaran tubuh sangat penting. Hal itu bisa dilakukan dengan senam ringan, jalan kaki atau olahraga yang sifatnya untuk senang-senang. (Van)

BERITA REKOMENDASI