Sultan Kukuhkan Kepala Perwakilan BKKBN DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bertempat di Bangsal Kepatihan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) secara resmi mengukuhkan Shodiqin SH, MM sebagai Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, Selasa (02/11/2021). Sebelumnya Shodiqin telah diangkat dan dilantik sebagai Kaper BKKBN DIY oleh Kepala BKKBN Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo SpOG (K) di Jakarta 11 Oktober 2021.

Dalam sambutan pengukuhan Gubernur menyampaikan permaklumannya jika pencapaian target oleh BKKBN mengalami kendala. Sebab selama ini pertemuan dan penyuluhan tatap muka di lapangan menjadi cara ampun untuk meningkatkan kesertaan KB maupun peningkatan ketahanan keluarga, yang selama masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) ini menjadi sulit untuk dilaksanakan.

“Oleh karena itu ini menjadi tantangan bagi Kepala Perwakilan yang baru untuk mencari cara-cara baru menyampaikan KIE kepada masyarakat dengan tetap mengedepankan prokes,” pesan gubernur.

Dengan demikian, ketika situasi Pandemi Covid-19 mulai melandai, gubernur berharap dapat diupayakan akselerasi atau percepatan capaian-capaian kinerja yang telah ditetapkan. Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang telah dicanangkan beberapa tahun lalu dapat menjadi basis percepatan pencapaian Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana).

“Apalagi BKKBN saat ini diberikan tugas tambahan oleh presiden untuk menjadi koordinator penanganan stunting, disamping tugas membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” ungkapnya.

Sementarai itu dalam sambutannya, Kepala BKKBN RI yang dibacakan Sekretaris Utama Drs. Tavip Agus Rayanto MSi. berpesan agar Kepala Perwakilan BKKBN DIY mampu mencerna permasalahan, mengolah potensi, dan mengarahkan organisasi dalam mencapai mandat atau target yang telah ditetapkan. Tidak terkecuali penugasan dalam penanganan stunting perlu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Mengingat saat ini 1 dari 4 balita di Indonesia mengalami stunting. Padahal stunting memberikan konsekuensi negatif yang menyebabkan keterbatasan kemampuan dan daya saing, menurunkan produktivitasi dan merupakan ancaman bagi generasi masa depan,” imbuhnya.

Shodiqin diangkat sebagai Kepala Perwakilan BKKBN DIY menggantikan Dr. Ukik Kusuma Kurniawan SKM. MPS. MA yang telah dimutasikan sebagai Kepala Pusat Pelatihan dan Kerjasama Internasional Kependudukan dan KB. Sedangkand Shodiqin dipromosikan dari jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris pada Perwakilan BKKBN Jawa Timur (Jatim).

Selain Sestama, turut hadir dari BKKBN RI Inspektur Utama Ari Dwikora Tono, Plt. Deputi Dalduk Dwi Listyawardani, dan Kabiro SDM Victor H. Siburian. Sementara Kepala Perwakilan BKKBN DIY didampingi Ibu Erna Jusiati Shodiqin. (*)

BERITA REKOMENDASI