UII Gelar Sumpah Profesi Arsitek Secara Virtual

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menggelar Sumpah Profesi Arsitek Angkatan ke-6 Tahun 2021 Program Studi Profesi Arsitek Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) pada Kamis, (11/02/2021). Pengambilan sumpah ini digelar secara daring mengingat saat ini masih dalam masa pandemi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Prof Nizam mengatakan sebagai salah satu kampus tertua di negeri ini UII menjadi salah satu ujung tombak sangat penting dalam melahirkan arsitek-arsitek handal. Kebutuhan akan arsitektur yang andal, profesional dan berkualitas baik menurutnya merupakan tantangan Indoensia untuk saat ini dan kedepan.

“Kami berharap UII terus mengasilkan arsitek-arsitek sesuai dengan kebutuhan dalam negeri maupun dunia Internasional,” jelasnya.

Prosesi pengambilan janji arsitek dilakukan oleh Dekan FTSP UII, Miftahul Fauziah yang dilanjutkan penyerahan selempang dan SKPI oleh Ketua Jurusan Arsitektur UII, Noor Cholis Idham,  serta penyerahan SKA Arsitek Muda oleh Ketua Ikatan Arsitek (IAI) DIY, Ahmad Saifuddin Mutaqi.

Perwakilan wisudawan, Wan Kasali Murphy mengatakan banyak pengalaman yang berkesan selama menempuh pendidikan di UII. Seperti pengalamannya saat memperoleh berkesempatan mengikuti sayembara desain ibukota negara pada 2019.

Dirinya mengaku, beragam pengetahuan seputar perancangan kota menjadi pengalaman berharga baginya.

”Kami harus lembur di studio. Ini bukan hal baru bagi mahasiwa arsitektur karena terbiasa padat kegiatan hingga rela memotong waktu tidur,” katanya.

Wan mengatakan, dari event tersebut dirinya dan rekan-rekannya juga memperoleh pengetahuan kemampuan kerja sama tim. Meski belum meraih juara namun pengalaman itu mengesankan dan terasa istimewa. (*)

BERITA REKOMENDASI