Upacara HUT RI, Oleg Yohan Hadirkan Gerakan Sosial

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ada yang berbeda dari Upacara 17 Agustus di RT 1 – RW 1 Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Usai upacara, panitia menyerahkan bantuan sembako sebanyak 80 paket senilai masing-masing 80 ribu. Pembagian paket sembako bersumber dari uang jimpitan dan juga donasi dari warga, termasuk Anggota DPRD Kota Yogyakarta Oleg Yohan. Legislator F-NasDem itu menggalang dukungan agar peringatan kemerdekaan diisi dengan penyerahan bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi.

“Tahun ini acara tirakatan sengaja diganti dengan pembagian paket sembako. Kami ingin momentum kemerdekaan menjadi momentum saling berbagi, saling peduli, saling membantu, gotong-royong, dan memperkuat kebersamaan,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta itu, Selasa (17/08/2021).

Oleg Yohan mengakui selama 17 bulan masa pandemi telah “memukul” perekonomian warga di Kelurahan Kricak. Mereka yang biasanya berdagang kini kehilangan omset. Pelaku sektor informal, seperti buruh bangunan, pekerja rumah makan dan perhotelan, UMKM, kerajinan tangan, bengkel, pergudangan dan profesi yang bergantung pada sektor pariwisata terus mengalami kesulitan. Kondisi ini membuatnya terdorong melahirkan “gerakan sosial” di hari kemerdekaan.

“Banyak warga terdampak pandemi sehingga butuh dukungan. Saya sangat merasakan beban mereka. Dengan gerakan sosial pembagian sembako, kita membantu meringankan bebannya,” ucap Oleg.

Tema kemerdekaan “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” diakui Oleg sangat relevan dengan kondisi saat ini. “Indonesia Tangguh” ibarat orang yang sulit dikalahkan dan pantang menyerah dalam kondisi apapun. Sedangkan “Indonesia Tumbuh” bermakna selalu berkembang dan optimis untuk berkontribusi terbaik bagi masyarakat.

“Tema tahun ini sangat relevan. Kita harus aktif membantu dan peduli sesama, karena itulah essensi kemerdekaan saat ini,” jelasnya.

Rujiman, Ketua RT 01 Kelurahan Kricak mengucapkan terima kasih atas semangat gotong royong yang diinisiasi Oleg Yohan dan para donatur. Sementara Wakijo, tokoh masyarakat di wilayah itu juga berharap acara ini menjadi pelopor bagi wilayah lain, agar setiap perayaan hari besar hendaknya diisi dengan pembagian bantuan.

Di akhir acara, Oleg mendorong masyarakat untuk ikut vaksinasi. Ia akan memberikan hadiah bagi masyarakat yang inisiatif untuk mendaftar vaksinasi. “Alhamdulillah, mulai besok banyak yang mau daftar vaksin,” pungkas Oleg seraya tersenyum. (*)

BERITA REKOMENDASI