Vaksinasi 15.000 Orang Perhari Ditargetkan Selesai September

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Wakil Ketua Komisi D DPRD Sleman, dr Raudi Akmal menyambut positif tren meningkatnya angka kesembuhan harian Covid-19 yang terus meningkat dalam beberapa hari ini. Namun demikian ia meminta masyarakat tak boleh lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M dalam kehidupan sehari-hari.

“Isoman (isolasi mandiri) angkanya lebih tinggi karena jumlah yang menjalani tinggi, namun jika yang isoter (isolasi terpusat) terbatas. Namun jumlah kematian dari isoman tinggi, yang harus kita waspadai angka itu harus direndahkan,” kata Raudi Akmal di Sleman, Senin (09/08/2021).

Ia tetap meminta kepada warga Sleman untuk melakukan isolasi terpusat bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bagaimanapun menurutnya dengan melakukan karantina di shelter terpusat maka pengawasan yang dilakukan akan lebih baik.

“Kadang kalau melakukan (isoman) di rumah mereka tidak melaporkan, tidak melakukan swab. Setelah meninggal dunia baru dilakukan swab dan hasilnya potisif,” tambahnya.

Raudi Akmal meminta, jika tidak melakukan isolasi di shelter terpusat setidaknya warga melaporkan diri ke Puskesmas setempat. Dengan melaporkan maka petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan berkala agar kondisi kesehatan warga terkonfirmasi Covid-19 dapat terpantau.

“Kita mandorong masyarakat yang punya gejala untuk melaporkan, paling tidak ke Puskesmas. Nanti dari Puskesmas akan rombongan melakukan tracing terhadap 15 orang terdekat dan nanti kalau banyak yang positif segera kami lakukan vaksinasi di daerah tersebut,” tegasnya.

Ia juga optimis target vaksinasi 15.000 orang perhari yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dapat tercapai. Saat ini setiap hari terus dilakukan vaksinasi massal dengan target 5.000 dosis per hari, belum lagi yang di rumah sakit dan puskesmas sehingga total angka yang dicanangkan itu akan terwujud.

Sementara itu Pengelola Program Vaksinasi Dinkes Sleman, Sudarto Edihartono menyatakan hingga saat ini jumlah warga yang telah menerima vaksinasi sebanyak 325.000 orang atau sebesar 40 persen dari target seluruhnya yakni 538.000 orang. Jika berharail menggelar vaksinasi 15.000 orang perhari maka program vaksinasi ini akan selesai pada bulan September mendatang.

Kesembuhan Covid-19 di DIY hari ini tercatat 3.214 kasus, sehingga total sembuh menjadi 92.944 kasus. Sedangkan penambahan terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 733 kasus, sehingga total terkonfirmasi menjadi 130.414 kasus. Sementara angka meninggal bertambah 59 kasus, total meninggal menjadi 3.958 kasus. (Van)

BERITA REKOMENDASI