Vaksinasi Massal Per Kecamatan Dinilai Tepat Sasaran

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk mempercepat upaya herd immunity, percepatan vaksinasi di Kabupaten Sleman terus dikebut. Kali ini Wakil Ketua Komisi D DPRD Sleman, dr Raudi Akmal menginisiasi vaksinasi massal teritorial yang dilakukan per Kecamatan untuk menjangkau warga Kabupaten Sleman.

Digelar di RM Joglo Jamal Tempel Kabupaten Sleman, vaksinasi disambut antusias oleh warga. Untuk mencegah penumpukan peserta, vaksinasi dibagi per wilayah Kelurahan dengan jam pelaksanaan yang berbeda dalam satu hari. Ada empat kelurahan dengan jam vaksinasi yang berbeda.

Wakil Ketua Komisi D, dr Raudi Akmal mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang tertib. Ia menambahkan, vaksinasi per Kecamatan atau secara teritorial ini lebih tepat sasaran. Sebelumnya vaksin per kecamatan ini sudah dilaksanakan melalui puskesmas maisng-masing kecamatan, namun target dosisnya hanya 150-200 per hari menyesuaikan dengan tenaga kesehatan di puskesmas.

Sedangkan di kegiatan vaksinasi ini, sebanyak 600 dosis vaksin covid-19 dosis pertama diberikan kepada warga yang berdomisili di Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman, Rabu (08/09/2021). Tiga kali lipat dari target harian Puskesmas.

“Ini berbasis teritorial warga masyarakat yang divaksin disini, kami fokus untuk warga Tempel. Warga-warga yang divaksin disini asli warga Kabupaten Sleman” terang Raudi, Kamis (09/09/2021)

Selain di Kecamatan Tempel, vaksinasi Covid-19 juga digelar di Kecamatan Turi pada hari ini, Kecamatan Sleman dan Kecamatan lainnya. Kegiatan vaksinasi ini bersifat gratis. Ia pun mengingatkan pentingnya vaksin bagi semua masyarakat untuk memutus rantai penyeberan virus corona.

“Kami berusaha agar kegiatan vaksinasi ini tidak banyak menyulitkan masyarakat. Masyarakat hanya perlu datang membawa identitas dan melakukan vaksin,” tambah Raudi.

Kegiatan ini akan terus kita lakukan sampai semua masyarakat sudah selesai di vaksin. Rencananya akan dilaksanakan per Kelurahan di Kabupaten Sleman. Raudi terus menegaskan bahwa dalam situasi seperti ini perlu bergotong royong menanggulangi Covid-19.

Ia juga mengingatkan, walau masyarakat telah menjalani vaksinasi namun kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) harus terus dilakukan. Kebiasaan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi aktivitas dan menghindari kerumunan menurutnya merupakan cara ampuh untuk menjaga diri dari bahaya Covid-19. (Van)

BERITA REKOMENDASI