DIY Susun Data Zona Merah hingga ODP Corona

YOGYA, KRJOGJA.com – Beredarnya sebuah surat berkepala Forkompimca dari Umbulharjo Kota Yogyakarta terkait zona merah Corona Covid-19 sempat membuat masyarakat resah. Di sisi lain, ketidakterbukaan Pemda DIY dalam penanganan kasus Corona pun mendapat kritikan dari Jaringan Masyarakat Sipil Yogyakarta, lantaran penanganan lambat justru membuat khawatir sekaligus menjadi pertanyaan keseriusan.

Keterbukaan informasi dari Pemda DIY terkait persebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga Pasien Positif menjadi kebutuhan dalam menghadapi masa saat ini. Termasuk prosedur penanganan dari atas hingga bawah yang seharusnya terbuka untuk diketahui masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih mengatakan saat ini tim gugus penanganan sudah bekerja setelah surat gubernur turun. Tim menurut dia juga sudah membuat peta zona untuk wilayah DIY termasuk data ODP.

“Tim sedang membuat pemetaan zona untuk wilayah DIY termasuk zona merah. Di dalam peta nantinya akan ada data mulai pasien ODP hingga PDP juga. Data zona merah sangat boleh dipublikasikan, secara resmi, sedang dibuat oleh tim,” ungkapnya pada wartawan Rabu (18/3/2020).

Sampai saat ini, himbauan Gubernur DIY Sri Sultan HB X masih berjalan di mana Sultan meminta masyarakat untuk mengurangi melakukan kegiatan di luar ruangan. Namun begitu sampai saat ini status DIY tak menerapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga belum ada larangan secara spesifik bagi masyarakat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI