1 Juni Hari Lahir Pancasila, Apa Bedanya dengan Hari Kesaktian Pancasila?

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Tepat 1 Juni Bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, ini menjadi hari di mana awal terbentuknya ideologi negara, yaitu Pancasila.

Banyak yang masih keliru antara Hari Lahir Pancasila dengan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober. Kelahiran Pancasila jelas berbeda dengan Kesaktian Pancasila. Lalu apa bedanya?

Hari Lahir Pancasila

Penetapan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni disebabkan karena pada 1 Juni 1945 Ideologi negara tersebut dibentuk oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam sidang yang berlangsung pada 29 Mei – 1 Juni 1945.

Dasar negara Indonesia menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI yang saat itu dipimpin oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat. Dalam sidang, Muhammad Yamin, Dr. Soepomo dan Ir. Soekarno juga ikut memberikan usulan mengenai gagasan dasar negara.

Setelah melakukan persidangan dan melewati perdebatan antar tokoh bangsa, akhirnya tepat pada 1 Juni, Ir. Soekarno menyampaikan sebuah pidato mengenai rumusan dasar negara yang terdiri dari lima butir, yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Maha Esa.

Kemudian pada 70 tahun mendatang, Hari Lahir Pancasila baru diperingati dan ditetapkan sebagai hari libur nasional, tepatnya pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) No. 24 tahun 2016.

BERITA REKOMENDASI