15 Kube Jadi Percontohan Bangkit di Tengah Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 Kelompok Usaha Bersama (Kube) dijadikan percontohan untuk bangkit di tengah pandemi. Selama ini Kube juga menjadi salah satu pilar pengentasan kemiskinan karena minimal salah satu anggotanya berasal dari Keluarga Sasaran Perlindungan Jaminan Sosial (KSJPS).

Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya Sisruwadi, menjelaskan adanya program bantuan dari Pemkot untuk kebangkitan Kube merupakan komitmen meningkatkan kesejahteraan yang semakin kuat. “Selain melalui bantuan dari pemerintah, masyarakat pun harus punya etos kerja tinggi dan mau berusaha. Sehingga bisa saling melengkapi,” tandasnya di sela penyerahan secara simbolis bantuan sosial, Selasa (27/10/2020).

Lima belas Kube yang dijadikan percontohan tersebut diberikan bantuan dana sebesar Rp 15 juta tiap kelompok. Bantuan yang berasal dari APBD Kota Yogya ini sebagai tambahan modal dalam mengembangkan produk usahanya. Sehingga meski tengah mengalami pandemi namun unit usaha Kube bisa terus berjalan.

Sisruwadi berharap, antar anggota Kube bisa saling bekerja sama. Kualitas produk yang dipasarkan juga harus terjaga kualitasnya mulai dari proses produksi yang higienis, bahan yang sehat dan rasa yang diterima konsumen. “Membuat kelompok itu mudah, namun mempertahankannya itu yang sulit. Ini tantangan karena anggota Kube berasal dari tingkat ekonomi yang beragam,” pesannya.

BERITA REKOMENDASI