180 Orang Daftarkan SIM Gratis

YOGYA, KRJOGJA.com – Layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis, masih dibuka Ditlantas Polda DIY. Hingga kemarin siang, sebanyak 180 pemohon sudah mendaftarkan diri untuk membuat SIM gratis dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara pada 1 Juli mendatang.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasetya, Jumat (26/6/2020) menegaskan, tidak ada pembatasan quota pendaftar. Bahkan ia juga menjamin semua pendaftar akan lolos ujian praktik maupun teori. “Polisi harus melatih sampai pemohon SIM lulus ujian teori dan praktik. Pokoknya dilatih terus sampai lulus sampai memperoleh SIM. Gratis tidak perlu bayar,” tegasnya.

Hanya saja menurut Dirlantas, layanan SIM gratis itu berlaku bagi masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli dan usia sudah memenuhi syarat. Hal itu dibuktikan dengan membawa e-KTP saat mendaftar ke polres maupun Polresta setempat. Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK menambahkan, layanan simpatik itu, wujud penghargaan Polri kepada masyarakat.

“Yang paling istimewa saat Hari Bhayangkara nanti, adanya pembuatan SIM istimewa. Bagi pemohon SIM baru, yang lahir pada 1 Juli tidak dikenakan biaya karena sudah dibayarkan oleh pihak ketiga. Sampai saat ini sudah ada 180 pendaftar, dimungkinkan akan bertambah,” tandasnya.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI