20 Lokasi di DIY Resmi Jadi Warisan Geologi, Ini Konsekuensinya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementrian ESDM menetapkan 20 lokasi di DIY sebagai Warisan Geologi. Kawasan-kawasan ini nantinya wajib dilestarikan dan diharapkan menjadi daya tarik pariwisata alam yang menjadi pengungkit ekonomi masyarakat.

Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, mengatakan dengan adanya penetapan dari kementrian diharapkan warisan Geologi bisa terselamatkan dan terjaga keberlangsungannya. Di sisi lain menurut dia, penetapan dengan dasar Peraturan Menteri ESDM nomor 1 tahun 2020 tersebut bisa memberikan manfaat untuk ilmu pengetahuan dan pada pengembangan pariwisata sebagai hilirnya.

“Yogyakarta ini unik karena situs geologinya luar biasa. Ada tiga hingga empat perguruan tinggi yang punya jurusan geologi. Bagi lembaga pendidikan bisa langsung memberikan kegiatan lapangan secara langsung. Kedepannya situs yang sudah ditetapkan bisa dimanfaatkan sebesar mungkin sebagai laboratorium alam dan pengembangan geopark kedepannya. Situs geologi tadi yang sudah ditetapkan sebagai warisan bisa dilindungi dan dimanfaatkan dengan seimbang,” ungkapnya dalam konferensi pers di Kepatihan, Rabu (21/4/2021).

BERITA REKOMENDASI