20 Lokasi di DIY Resmi Jadi Warisan Geologi, Ini Konsekuensinya

Eko menyebut bentang alam di DIY memiliki keunikan di mana situs-situs diyakini terbentuk dengan usia sangat tua yakni 65 juta tahun lalu. Pihaknya sudah memetakan mana lokasi-lokasi yang masuk scoop regional, nasional dan internasional.

“Kami menilai sangat luar biasa, ada sesar Opak yang mengingatkan bagaimana potensi gempa besar selalu ada dan kita harus hati-hati. Ada juga Gumuk Pasir di Parangkusumo yang proses geologinya unik seperti padang pasir, tinggal bagaimana dilestarikan jangan sampai rusak dan hilang,” tandas dia.

Adapun 20 lokasi Warisan Geologi di DIY terdiri dari Puncak Tebing Kaldera Suroloyo, Perbukitan Widosari, Formasi Nanggulan Kalibawang, Goa Kiskendo, Mangan Kliripan, Perbukitan Godean, Batuan Merapi Tua Turgo, Aliran Bakalan, Tebing Breksi, Rayapan Tanah Ngelepan, Lava Bantal Berbah, Batugamping Eosen, Sesar Opak Mengger, Lava Purba Mangunan, Gumuk Pasir Parangtritis, Gunung Ireng Pengok, Gunungapi Nglanggeran, Gunung Genthong Gedangsari, Kali Ngalang dan Gunungapi Purba Siung Batur Wediombo.

BERITA REKOMENDASI