225 Pemudik di Yogya Dalam Pemantauan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemudik yang tiba di Kota Yogya sejak 22 April lalu tercatat sebanyak 225 orang. Jumlah tersebut dinamis karena sejumlah pemudik masih berdatangan di tengah kebijakan larangan mudik. Namun demikian seluruhnya dipastikan dalam pemantauan tim satgas di wilayah.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan kedatangan warga yang mudik tersebut dilaporkan dari Posko PPKM mikro di setiap RT.

“Jika dilihat data arus kedatangan terbesar tercatat dari 22 April-3 Mei 2021 yakni mencapai 92 orang,” jelasnya, Selasa (11/5/2021) malam.

Selanjutnya pada hari-hari berikutnya berkisar 10 orang hingga 16 orang per harinya. Akan tetapi saat 6-7 Mei, kembali naik mencapai 82 warga. Kemudian pada 8-9 Mei hanya empat orang. Heroe menilai itu menunjukkan kedatangan menjelang diberlakukannya peniadaan mudik arus pendatang yang masuk Kota Yogya cukup besar.
Oleh karena itu, di masa larangan mudik hingga usai lebaran atau 17 Mei 2021, diprediksi masih ada yang lolos penyekatan hingga tiba di Kota Yogya.

“Warga yang datang mudik itu sudah didata di 2.535 Posko PPKM mikro se Kota Yogya. Mereka juga sudah dikondisikan untuk isolasi mandiri. Sebagian dilakukan di rumah, dan ada yang isolasinya dilakukan di hotel,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI