24 Ribu Anak di Kota Yogya Tervaksin, Siswa SD di Umbulharjo Vaksin Bareng ‘Hanoman dan Indrajit’

YOGYA, KRJOGJA.com – 361 siswa dari SDN Mendungan 1-2 dan SDN Wirosaban di wilayah Umbulharjo Kota Yogyakarta menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (13/1/2022). Menarik kali ini, siswa menjalani vaksinasi Covid-19 ditemani dua tokoh wayang orang Hanoman dan Indrajit.

Vaksinasi tersebut diselenggarakan hasil kolaborasi Badan Intelijen Negara (BIN) DIY bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui faskes di kawasan Umbulharjo. Tenaga kesehatan yang diturunkan dari Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta.

Koordinator Vaksinasi BIN DIY, AKBP Sugiyono, mengatakan dua tokoh wayang Hanoman dan Indrajit sengaja dihadirkan untuk menemani anak-anak menjalani vaksinasi. Kedua tokoh wayang ini bisa diajak foto bersama anak-anak setelah menjalani vaksinasi di salah satu ruangan kelas SDN Mendungan 2.

“Kami hadirkan tokoh wayang orang Hanoman dan Indrajit untuk mengenalkan budaya kita, budaya Jawa yang sudah sangat lama ada. Jangan sampai anak-anak Yogya melupakan budaya ibu. Tokoh Hanoman dan Indrajit ini menarik karena mereka terlibat peperangan dalam cerita Ramayana. Kami ingin memantik, agar mereka bertanya siapa tokoh wayang yang diajak foto, dan mempelajarinya,” ungkapnya di sela vaksinasi.

BERITA REKOMENDASI