3.000 Ruang Isoter Siap Diaktifkan, Pendatang Harus Dikontrol

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY mendesak Pemda DIY untuk melakukan kontrol terhadap pendatang yang akan masuk ke DIY. Ini penting dilakukan, mengingat dalam sepekan terakhir kasus terkonfirmasi positif terus menunjukkan kenaikan.

Salah satunya dengan melakukan kontrol bagi pendatang. Terutama, yang masuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena, banyak yang tidak menyertakan surat keterangan bebas Covid-19.

“Kalau naik kereta atau pesawat jelas syaratnya. Harus ada surat bebas Covid-19, seperti antigen atau PCR. Dan sebelum masuk hotel juga harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dengan status hijau. Artinya apa, segala persyaratan sudah dipenuhi. Seperti vaksin maupun bebas Covid-19,” ujar Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Hal serupa juga berlaku ketika mau masuk ke objek wisata, maupun rumah makan. Apakah tempat duduknya diatur jaga jaraknya atau tidak. Termasuk Malioboro yang sudah tersedia barcode. Disini peran Pemda melalui aparatnya untuk memastikan aturan itu benar-benar ditegakkan.

“Kita tidak melarang orang untuk masuk Yogyakarta. Tapi kontrol dan yang tidak kalah penting, kepastian Pemda dalam menegakkan aturan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI