311 Siswa SD Mubayo Ikuti Vaksinasi di Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun terus digencarkan untuk mengantisipasi adanya penularan di lingkungan pendidikan. Salah satu caranya dengan melakukan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun melalui sekolah. Dengan cara itu selain pengawasan dan koordinasi bisa lebih mudah dilakukan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bisa dilakukan secara lebih aman dan nyaman.

“Kesuksesan pelaksanaan vaksinasi anak tidak hanya menjadi tanggungjawab dari Dinas Pendidikan atau Dinas Kesehatan, tapi butuh peran aktif sekolah. Oleh karena itu untuk mendukung pelaksanaan upaya percepatan, SD Muhammadiyah Bausasran (Mubayo) mengadakan vaksinasi massal yang diikuti 311 siswa. Guna mengantisipasi adanya kerumunan vaksinasi ini kami bagi dalam dua hari bersamaan dengan pembagian raport. Dengan begitu orangtua bisa mendampingi,” kata Kepala SD Muhammadiyah Bausasran (Mubayo) Suwarjo MPd disela-sela pelaksanaan vaksinasi di sekolahnnya, Kamis (23/12/2021).

Suwarjo mengatakan, sebelum pelaksanaan vaksinasi pihaknya melakukan sosialisasi kepada orangtua siswa dengan cara daring. Hal itu dilakukan karena sekolah menyadari bahwa orangtua memiliki peran penting dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi. Terutama dalam melakukan pendampingan supaya anak tenang dan tidak takut saat divaksin.

“Mudah-mudahan setelah dilakukan vaksinasi boleh melakukan pembelajaran tatap muka dengan volume yang ditambah. Selain itu siswa terhindar dari sakit supaya bisa melakukan aktivitas pembelajaran secara aman dan nyaman,” ungkap Suwarjo.

Salah satu orangtua siswa SD Mubayo, Rina mengaku menyambut baik dan sangat bersyukur dengan adanya program vaksinasi. Karena vaksinasi bisa menjadi langkah antisipasi pencegahan Covid-19.

Apalagi dirinya pernah menjadi penyitas, sehingga vaksinasi Covid-19 sangat diharapkan untuk mengantisipasi terhadap penyebaran varian baru. (Ria)

BERITA REKOMENDASI