47 Murid SD di Yogya Absen ASPD Hari Pertama

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat SD di Kota Yogyakarta dimulai 24 sampai 27 Mei 2021. Pada hari pertama pelaksanaan ASPD sebanyak 47 murid tidak bisa mengikuti lantaran kurang sehat.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori mengutarakan, total murid kelas 6 SD di Kota Yogyakarta yang terdaftar mengikuti ASPD sebanyak 7.366 anak. Sedangkan yang tidak hadir dalam ASPD SD hari pertama Senin (24/5) sebanyak 47 murid. “Sejumlah murid tidak hadir karena kurang sehat,” kata Budi, Senin (24/5/2021) seperti dilansir dari harianmerapi.com.

Sebelum pelaksanaan ASPD, Disdikpora Kota Yogyakarta melakukan pendataan kepada seluruh kelas 6 SD. Pendataan terkait kondisi kesehatan, riwayat perjalanan luar kota, kontak dengan tamu dari luar kota dan lainnya.

“Kalau kondisi murid tidak sehat, kami minta untuk tidak ikut ujian ASPD pekan ini. Bisa mengikuti ujian susulan ASPD di bulan Juni nanti,” paparnya.

ASPD untuk pemetaan kompetensi murid dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan soal dan jawaban berbasis kertas. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam ASPD yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Dia menyatakan soal ASPD dibuat Disdikpora DIY dan hasil ASPD rencana untuk seleksi penerimaan peserta didik baru.

“Kami pantau hari pertama ASPD mulai dari pengambilan dokumen soal ujian ASPD di Disdikpora Yogya, sampai pengembalian dokumen, belum ada masalah,” terang Budi.

BERITA REKOMENDASI