945 Napi DIY Terima Remisi, 44 Bebas di Hari Merdeka

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 945 narapidana di wilayah DIY mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2021. 44 narapidana di antaranya langsung bebas tepat pada hari kemarin setelah mendapat pemotongan masa tahanan antara 1 hingga 6 bulan.

Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM DIY, Budi Argap Situngkir menjelaskan remisi diberikan pada narapidana dan anak yang telah berkelakuan baik dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Menurut dia, besaran remisi yang diberikan yakni 1 bulan, 2 bulan hingga 6 bulan tergantung masa pidana yang telah dijalani.

“Dari 1.305 narapidana, yang mendapatkan Remisi Umum (RU) sejumlah 945 narapidana, terdiri dari 901 narapidana mendapatkan RU I, dan 44 narapidana mendapatkan RU II atau langsung bebas. Secara terperinci, Lapas Kelas IIA Yogyakarta sejumlah 243 narapidana, Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta sejumlah 250 narapidana, Lapas Kelas IIB Sleman sejumlah 156 narapidana, Lapas Kelas IIB Wonosari sejumlah 72 narapidana, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta sejumlah 61 narapidana, LPKA Kelas II Yogyakarta sejumlah 7 narapidana dan 14 anak, Rutan Kelas IIA Yogyakarta sejumlah 67 narapidana, Rutan Kelas IIB Bantul sejumlah 57 narapidana dan Rutan Kelas IIB Wates sejumlah 18 narapidana,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI