Agar Bisa Bangkit, UMKM Diberi Jaminan ‘Berlapis’

Dijelaskan Parjiman, secara nasional, pemerintah mengalokasikan Rp 30 triliun di bank yang ditunjuk, yang nantinya digunakan untuk pembiyaan UMKM dalam rangka bangkit dari dampak Covid-19. Pemerintah dalam upaya untuk menjaga dan mencegah aktivitas usaha dari pemburukan lebih lanjut, mengurangi semakin banyaknya pemutusan hubungan kerja dengan memberikan subsidi bunga kredit bagi debitur usaha mikro, kecil, dan menengah yang terdampak, mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta untuk mendukung kebijakan keuangan negara.

Sedangkan Heru Pudyo Nugroho dalam kesempatan itu juga berharap sektor UMKM di DIY bisa bangkit dan memanfaatkan kebijakan pemerintah, khususnya terkait PMK 70/2020. Untuk bisa bangkit kembali, tentu harus mulai dengan kebiasaan baru, termasuk menegakkan protokol kesehatan.

Terkait dengan penjaminan, sebetulnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 71/2020 tentang Tata Cara Penjaminan Pemerintah untuk Penyelamatan Ekonomi Nasional.

Hal yang sama juga disampaikan Pemimpin BI Yogyakarta, Hilman Tisnawan. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, UMKM memang membutuhkan dukungan jaminan yang lebih. Nah, melalui kebijakan PMK No 71 tersebut, pemerintah memberikan penjaminan.

BERITA REKOMENDASI