Akibat Banjir di Klitren, Banyak Infrastruktur di Sejumlah Titik Rusak

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan rumah di wilayah Klitren Lor Gondokusuman tergenang air dari luapan Kali Manunggal. Derasnya air luapan tersebut juga mengakibatkan sejumlah barang berharga milik warga sempat terseret arus seperti mobil hingga mesin laundry.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah Kota Yogya. Luapan air dari Kali Manunggal salah satunya dipicu oleh talud sepanjang enam meter yang ambrol sehingga air langsung masuk ke perkampungan. “Warga sama sekali tidak ada persiapan. Begitu talud ambrol, air yang masuk ke kampung sangat deras. Mobil milik warga di RT 04 bahkan sampai terseret,” ungkap Ketua RT 02 RW 01 Klitren Lor Gondokusuman Darwanto, Rabu (11/3/2020).

Total ada tiga RT di RW 01 yang terdampak luapan air dari Kali Manunggal, masing-masing RT 02 sebanyak 44 Kepala Keluarga (KK), RT 3 sebanyak 17 KK, dan RT 04 sebanyak 70 KK. Mayoritas rumah di tiga RT tersebut tergenang air dengan ketinggian bervariasi. Dibantu dengan relawan serta petugas BPBD, warga bergotong royong membersihkan sisa luapan air.

Darwanto khawatir, jika hujan deras kembali turun maka wilayahnya bakal terdampak luapan dari Kali Manunggal. Hal ini lantaran kondisi talud yang menjadi penahan air sudah ambrol. “Warga was-was kalau hujan lagi. Tapi memang ketika ada luapan, airnya bisa segera surut,” akunya.

BERITA REKOMENDASI