Akibat Pandemi Covid-19 120 Anak di DIY Jadi Yatim Piatu

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 telah menimbulkan persoalan serius diberbagai sektor kehidupan, termasuk bagi perempuan dan anak. Melihat kondisi tersebut, selain terus berupaya untuk menekan penyebaran Covid-19, Pemda DIY juga berupaya memberikan perlindungan atau bantuan bagi perempuan dan anak. Salah satu caranya lewat Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY dengan membentuk Posko Perlindungan Perempuan dan Anak DIY.

“Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan anak harus kehilangan orangtua. Untuk itu dengan adanya Posko Perlindungan Perempuan dan Anak pendataan dan penyaluran bantuan pada mereka yang terdampak pandemi lebih mudah dilakukan. Saat ini pendataan terus dilakukan oleh Satgas. Sebanyak 78 Satgas di level provinsi kami sebar di kecmatan-kecamatan, kabupaten kota memiliki Satgas disebar semua desa,” kata Ketua Posko Perlindungan Perempuan dan Anak DIY sekaligus Kepala Bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan DP3AP2 DIY sekaligus Ketua Posko, Nelly Tristiana di Yogyakarta, Sabtu (14/8/2021).

Nelly mengatakan, setidaknya ada 120 anak di DIY yang menjadi yatim atau yatim piatu karena kehilangan orang tua akibat Covid-19. Jumlah tersebut diprediksikan masih akan bertambah karena verifikasi masih terus dilakukan. Selain itu berdasarkan data dari yang dihimpun Satgas, di DIY ada 313 ibu hamil yang terpapar Covid-19, 225 bayi dan 398 balita terpapar Covid-19. Sedangkan untuk perempuan yang terdampak seperti kehilangan suami akibat Covid-19 ada 418 orang.

“Perlu diketahui untuk anak yatim piatu yang sudah klir ada 120 orang. Padahal dari informasi yang berasal dari sumber lain ada 146 orang, untuk itu harus dipastikan apakah data itu benar atau tidak. Terus terang DP3AP2 DIY tidak mengelola jaring pengaman sosial seperti Dinsos. Jadi bantuan yang diberikan kepada perempuan dan anak ini masih bersumber dari sumbangan yayasan hingga perusahaan yang dihimpun melalui posko,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI