Akomodir Kampung, Perkuat Kelembagaan Masyarakat

YOGYA, KRJOGJA.com – Perencanaan pembangunan perlu ada upaya peningkatan kualitas agar lebih partisipatif dan berkonsep pemberdayaan. Hal itu diimbangi dengan penguatan kelembagaan kemasyarakatan sebagai salah satu pendukung keberhasilan pembangunan yang lebih berkualitas, tepat sasaran dan lebih adil. Sehingga peran kampung pun patut segera diakomodir dalam sistem kelembagaan kemasyarakatan.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PKS Bambang Anjar Jalumurti, menjelaskan kampung merupakan teritori yang terpetakan berdasarkan nilai histori dan karakteristik sosial yang khas serta penting sebagai modal pembangunan. “Perda menyangkut pembinaan kelembagaan masyarakat yang ada yakni Perda 12/2002 perlu untuk segera disempurnakan dengan mengakomodir peran kampung,” jelasnya.

Dalam perda tersebut, kelembagaan kemasyarakatan hanya sebatas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Padahal di Kota Yogya saat ini juga sudah terbentuk para pengurus kampung. Kampung pun mampu menjadi energi baru dalam sinergi pembangunan dengan lembaga yang sudah ada sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI