Akselerasi Bangkitnya Industri Pariwisata DIY Ditengah Pandemi

Sementara itu, Hery menyampaikan pihaknya pun tidak bisa melakukan intervensi terkait sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi wisatawan mandiri. Kuncinya adalah edukasi masyarakat perihal protokol kesehatan pencegahan Covid-19 baru diaplikasikan, dimonitoring dan dievaluasi.

“Asita DIY mau tidak mau lebih aware perihal pelaksanaan protokol kesehatan, tetapi yang paling penting adalah edukasi masyarakat secara luas dan harus ada penanaman kesadaran pandemi Covid-19 belum berakhir. Tidak kalah penting adalah ketegasan dari pemerintah dalam pemberian saksi maupun reward baik bagi yang melanggar maupun melaksanakan dengan baik protokol kesehatan tersebut,” jelasnya.

Asita DIY siap membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan dan memberikan masukan evaluasi perihal pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Namun semua akan berhasil jika edukasi sudah berjalan dengan baik sehingga muncul kesadaran masyarakat dan terakhir apabila masih ditemukan adanya pelanggaran maka penegakan dengan sanksi adalah langkah terakhir.

“Kondisi pariwisata DIY baik internasional maupun domestik belum sepenuhnya pulih, khususnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) karena berkaitan dengan peraturan di negara masing-masing. Anggota Asita DIY belum ada kontrak baru wisman hingga saat ini,” tandas Hery.

BERITA REKOMENDASI