Akselerasi Penanganan Covid-19, Integrasikan Kegiatan APBD Reguler Maupun BTT

YOGYA, KRJOGJA.com – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DIY 2021 difokuskan pada pemulihan ekonomi dan peningkatan kewaspadaan terhadap kesehatan menghadapi pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemda DIY telah mengalokasikan APBD 2021 melalui pos Belanja Tak Terduga (BTT) sekitar Rp 69,73 miliar khusus penanganan Covid-19. Pemda DIY, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun Pemerintah Kota (Pemkot) se-DIY diharapkan bersinergi dan mengintegrasikan kegiatan APBD Reguler dan BTT agar dapat mengakselerasi penanganan Covid-19 pada 2021 ini.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) DIY Beny Suharsono mengungkapkan penanganan Covid-19 di DIY lebih difokuskan pada pemulihan ekonomi dan peningkatan kewaspadaan terhadap kesehatan tahun ini. Kedua hal ini tidak bisa saling mendahului, ketika ingin ekonomi tumbuh maka harus memperketat diri dalam pelaksanaan protokol kesehatannya. Sebab, apabila tidak dikuatkan protokol kesehatannya maka tidak bisa tumbuh perekonomiannya.

“Kami telah menyusun beberapa rekomendasi agar pelaksanaan kegiatan BTT 2021 di DIY bisa dilakukan sesuai yang diharapkan. Sebab syarat pengambilan BTT tahun ini sangat ketat sekali,” katanya di Yogyakarta, Rabu (3/2/2021).

BERITA REKOMENDASI