Akses Informasi Dipermudah, Dispetaru Siapkan Dua Aplikasi Online

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) Kota Yogya kini tengah menyiapkan dua aplikasi berbasis online terkait pertanahan. Keduanya merupakan Sistem Informasi Tata Ruang (SiTaru) dan Sistem Informasi Pertanahan (SiPerta).

Keberadaan dua aplikasi tersebut diharapkan mampu mempermudah akses informasi mengenai pertanahan di Kota Yogya. “Aplikasi itu nanti bisa diakses secara online namun sifatnya masih informasi awal,” jelas Kepala Bidang Pertanahan Dispetaru Kota Yogya Sarmin, Selasa (18/2/2020).

Salah satu kegunaan aplikasi itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat termasuk investor saat akan melakukan pembelian tanah. Selain itu juga untuk kegiatan menanamkan investasi di Kota Yogya agar sesuai dengan zona kawasan.

Sarmin menjabarkan, dalam aplikasi SiTaru masyarakat dapat mengetahui beberapa informasi awal mengenai peruntukan tata ruang di suatu kawasan. Di dalamnya akan dijelaskan mengenai status suatu kawasan, zona dan sub zona. “Salah satu informasi yang diberikan di antaranya status kawasan budidaya, zona perumahan, dan sub zona perumahan kepadatan tinggi,” imbuhnya.

Ditambahkannya, informasi yang diberikan melalui aplikasi tersebut baru bersifat informasi awal. Sehingga sehingga masyarakat atau investor bisa menindaklanjutinya dengan datang ke Dispetaru untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap. Namun aplikasi itu juga sudah disesuaikan dengan Rencata Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Sedangkan untuk SiPerta, akan berisi informasi menganai status tanah di suatu kawasan, yaitu tanah Sultan Ground atau Paku Alaman Ground, hingga tanah milik pemerintah daerah. “Ada keterangan juga apakah tanah tersebut sudah bersertifikat atau belum,” tandasnya.

Informasi status tanah dalam SiPerta akan terus dimutakhirkan sesuai kondisi di lapangan. Hal ini karena proses sertifikasi hingga pemberian kekancingan terhadap masyarakat yang memanfaatkan tanah Sultan Ground bersifat dinamis. Apalagi setiap tahun ada proses pendataan dan pendaftaran tanah Sultan Ground.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI