Alokasi Danais 2021 Mayoritas untuk Urusan Kebudayaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Alokasi Dana Keistimewaan (Danais) 2021 dengan total pagu Rp 1,32 trliun masih akan difokuskan pemanfaatan bagi urusan-urusan keistimewaan, khususnya urusan kebudayaan tahun ini. Selain itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dikenalkan pemanfaatan Danais terutama peningkatan pemberdayaan masyarakat mulai 2021.

Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho mengatakan Pemda DIY kembali mendapatkan alokasi Danais 2021 dengan pagu yang sama dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 1,32 triliun. Sedangkan untuk peruntukan Danais 2021 tersebut mayoritas masih pada urusan kebudayaan setidaknya Rp 776 miliar, urusan tata ruang sebesar Rp 483 miliar, urusan kelembagaan sekitar Rp 35 miliar dan sisanya diperuntukkan untuk urusan pertanahan.

“Dari sisi alokasi Danais 2021 ini paling besar peruntukan pemanfaatan masih pada urusan kebudayaan. Urusan kebudayaan diselenggarakan untuk memelihara dan mengembangkan hasil cipta, rasa, karsa dan karya yang berupa nilai-nilai, pengetahuan, norma, adat istiadat, benda, seni dan tradisi luhur yang mengakar dalam masyarakat DIY,” kata Aris di Yogyakarta, Minggu (3/1/2021).

BERITA REKOMENDASI