Alumni SMAN 5 Yogya 1972 Luncurkan Buku “Lanjut Usia Menghadapi Pandemi”

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Menghadapi pandemi Covid-19 di usia lanjut, Alumni SMAN 5 Yogyakarta Angkatan 1972 yang tergabung dalam  Paguyuban Puspanegara 1972 (P-72), menulis dan meluncurkan buku
 “Lanjut Usia Menghadapi Pandemi”.
Buku setebal 158 halaman ini berisi  tulisan berbagi pengalaman yang menginspirasi, memberi semangat dan motivasi bagaimana hidup sehat dan tetap optimis, serta memberi manfaat di usia lanjut.
“Anggota Paguyuban P-72 rata-rata  usianya di kisaran 67 tahun. Di masa pensiun masih banyak yang bisa kita kerjakan, berkarya di tengah masyarakat. Buku yang kita susun bersama ini kita harapkan jadi bahan literasi dan kenangan bagi anak cucu serta dapat menjadi inspirasi bagi siswa, generasi muda,” ucap Penasihat Puspanegara 1972 Irjen Polisi (Purn) Bekto Suprapto MSi yang sekaligus penggagas penulisan buku, Rabu (8/9/2021) di Bumi Langit, Jalan Imogiri, Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.
Di sela acara silaturahmi dengan belasan anggota Paguyuban P-72, buku tersebut dibagi-bagikan dan rencana akan didistribusikan juga untuk alumni lintas angkatan juga almamater di SMAN 5 Yogyakarta.
“Proses penyusunan buku setahun,” ungkap Bekto yang pernah menjabat Kadensus 88/Anti Teror Polri (2004-2008), Kapolda Sulawesi Utara (2008-2009), Kapolda Papua (2009-2011), dan Wakil Kabareskrim Polri (2011-2011).
Pensiun dari Polri 2012, Bekto kemudian bekerja untuk negara sebagai Anggota Komisi Kepolisian Nasional, Kelompok Ahli Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia, dan Kelompok Ahli Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Sampai sekarang masih aktif sebagai Komisaris, Senior Advisor dan Konsultan di beberapa perusahaan di Jakarta.
“Justru kita bisa  memetik manfaat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Berkegiatan di rumah membuat saya memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan seperti fotografi, bercocok tanam, olah raga, mengatur buku, maupun kegiatan menulis,” ujar Bekto.

BERITA REKOMENDASI