Alumni SMAN 5 Yogya 1972 Luncurkan Buku “Lanjut Usia Menghadapi Pandemi”

Editor: Ary B Prass

Didampingi Jajaran Pengurus Paguyuban P-72, Ketua  Hanad Prayitno, Wakil Ketua FX Susiswanto, Sekretaris 1 Dyah Tri Retno, Sekretaris 2 Hariono, Bendahara 1 Sutanto, Bendahara 2 F Roosie Astuty disebutkan proses pembuatan buku dengan beberapa kali pertemuan mulai 26 Oktober 2020 di Resto Bogey’s Teras Hyatt Hotel dengan prokes dilanjutkan secara virtual melalui zoom meeting.
“Buku disepakati dibuat bersama berisi sikap dan pengalaman pribadi anggota Paguyuban P-72 dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan tulisan popular non fiksi dengan sembilan topik tulisan yaitu: menghadapi berita hoaks, panik karena pandemi, banyak kehilangan pekerjaan, merahasiakan terpapar Covid-19, mengatasi rasa kangen, kegiatan selama kebijaksanaan PSBB, pemakaman dengan protokol Covid-19, dan pandemi mendatangkan berkat,” jelasnya
Hanad menambahkan tulisan berisi pengalaman anggota P-72 di masa pandemi di bulan  Maret 2020 sampai dengan bulan Desember 2020.
“Salah satu teman yang membuat tulisan yaitu mas Bardo Djumeno meninggal dunia sebelum buku ini diterbitkan, beliau antusias dan selalu menunggu terbitnya buku ini, hingga kita berikan halaman khusus mengenang beliau,” ucap Hanad.
Dikatakan permasalahan pandemi sekarang sudah mengakibatkan perubahan pada kehidupan sosial, kesehatan, ekonomi, politik, hukum dan keamanan.
“Menyikapi berbagai perubahan tersebut kami banyak belajar menyesuaikan diri dan mencoba bertahan dengan membiasakan din untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, bekerja dari rumah, menghindari kerumunan, dan menunda untuk bepergian,” ucap Hanad.
Penerbitan Buku dari Paguyuban P-72 ini juga mendapat apresiasi dan sambutan hangat Kepala SMA Negeri 5 Yogyakarta Fadiyah Suryani MPdSi.
“Alummi SMA Negeri 5 Yogya Angkatan 1972 banyak menghasilkan Sarjana, beberapa bergelar Master, Doktor serta 3 orang Guru Besar di ITB dan UGM, ada pula dokter spesialis 3 orang, Perwira Tinggi Polri dan beberapa Perwira Menengah TNI. Selain itu ada pula yang bekerja sebagai ASN, BUMN, Dosen, Pengusaha yang sukses, Wirausaha dan lainnya,” ungkap Fadiyah.
Disebutkan Alumni Angkatan 1972 berperan aktif dalam Panitia Lustrum SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun 2004 dan membantu 10 unit komputer untuk Laboratorium Komputer SMA Negeri 5 Yogyakarta.
“Pada Upacara Lustrum 2004, waktu itu sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Densus 88 Mabes Polri Brigjen Polisi Drs Bekto Suprapto MSi, Alumni Angkatan 1972,” ungkapnya bangga. (Vin)

BERITA REKOMENDASI