Andalkan Penerbangan Domestik, Jumlah Penumpang Angkutan Udara di DIY Mulai Naik

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah penumpang angkutan udara baik kedatangan maupun keberangkatan melalui Bandara Adisutjipto dan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) dilaporkan sama-sama mengalami kenaikan pada Agustus 2021. Jumlah kedatangan penumpang angkutan udara yang keseluruhan merupakan penumpang penerbangan domestik tercatat 22.409 orang, sedangkan jumlah keberangkatan penumpang sebanyak 24.012 penumpang selama Agustus 2021.

“Tidak tercatat ada kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke DIY melalui pintu masuk BIY pada Agustus 2021. Kondisi yang sama terjadi pada bulan sebelumnya. Hal ini merupakan dampak dari pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Sugeng Arianto di Yogyakarta, Kamis (7/10/2021).

Sugeng menyatakan kunjungan wisman sempat lebih tinggi pada Januari 2020, dibandingkan periode sama tahun 2019. Namun, sejak terjadinya pandemi, menyebabkan merosotnya kunjungan wisman ke DIY. Tercatat, sejak Maret 2020 kunjungan wisman mengalami penurunan, bahkan mencapai titik terendah pada bulan April, Mei, Juli hingga Desember 2020.

“Memasuki bulan kedelapan pada 2021, kunjungan wisman ke DIY tercatat masih nihil seperti pada kondisi bulan sebelumnya,” tandasnya. Sementara itu, Sugeng mengatakan jumlah penumpang penerbangan domestik tercatat kenaikan penumpang datang sebesar 40,32 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI