Anggota Koperasi Sejahtera Bersama Berunjukrasa Tagih Janji, Berharap Uang Simpanan Kembali

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa orang yang sebagian tampak berusia senja, mendatangi kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama di Jalan Sisingamangaraja Kota Yogyakarta, Senin (6/12/2021) pagi. Mereka berdiri, membawa kesah dalam kertas-kertas bertuliskan aspirasi, meminta pengelola mengembalikan uang simpanan.

Diapari Aryjo, Ketua Tim Fakta Anggota KSP Sejahtera Bersama Yogyakarta, mengungkap para anggota untuk kesekian kalinya berusaha mempertanyakan uang simpanan yang tak jelas juntrungannya ada di mana. Janji pembayaran 4 persen sesuai keputusan Penudaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang muncul sejak Juli lalu hingga kini belum terealisasi bagi 6 ribu anggota.

“Kita ini sekarang sudah di Desember tapi masih tercatat 6 ribu anggota yang belum ada pembayarannya. Itu padahal yang 4 persen dari nilai simpanan mereka. Ini mau kita tanyakan pada manajemen koperasi. Kami tagih agar segera dibayarkan karena ini sudah tanggal 6 Desember. Akan segera libur tinggal 18 hari lagi,” ungkapnya di sela aksi.

Kantor KSP Sejahtera Bersama Yogyakarta menurut Diapari sempat menjanjikan pembayaran 4 persen akan dilakukan saat aset-aset berupa gedung di Yogyakarta yang nilainya ditaksir Rp 10 miliar laku terjual. Namun, sampai kini tidak ada kabar dari pihak koperasi yang membuat para anggota semakin terdesak.

“Katanya nunggu aset-aset dijual, tapi belum ada realisasi apa-apa. Kasihan orang-orang yang mengharapkan uang ini. Bagaimana coba hidup mereka yang berharap dari simpanan di KSP SB ini. Sekarang kami bertanya pada pihak koperasi, bagaimana kewajiban mereka membayar sesuai keputusan PKPU,” sambungnya.

BERITA REKOMENDASI