Antisipasi Bencana Hidrometrologi BPBD DIY Optimalkan Penanganan

Sedangkan untuk Bantul ada 6 kejadian terdiri dari 1 titik longsor, 4 pohon tumbang dan satu genangan. Kota Yogya ada satu kejadian yakni 1 titik longsor yang menyebabkan 1 rumah rusak dan satu orang harus dilarikan ke RS Panti Rapih. Sementara di Sleman ada satu kejadian yakni pohon tumbang yang berdampak kepada 4 orang dilarikan ke RSUP Dr. Sardjito. Adapun untuk Kulonprogo sampai pukul 11.30 WIB belum ada laporan masuk.

“Pemahaman masyarakat terhadap antisipasi bencana terutama di lingkungan sekitar menjadi kunci dari mitigasi dan penanganan bencana,” ujar Biwara.

Komentar serupa diungkapkan oleh Sekda DIY Drs K Baskara Aji. Menurutnya, pihaknya sudah mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana yang mungkin timbul dalam waktu dekat. Selain BPBD, Dinas Pekerjaan Umum DIY juga ambil bagian dalam mengatasi dan mencegah terjadinya bencana. Begitu pula dari segi pendanaan dan sarana serta prasarana sudah disiapkan dengan baik,
termasuk bronjong dan lain-lain. Semua itu dilakukan dengan harapan antisipasi bencana alam bisa dilakukan secara maksimal. (Ria)

BERITA REKOMENDASI