Antisipasi Gelombang Tiga Covid, Semuanya Diminta Waspada dan Tidak Lengah!

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY meminta semua pihak termasuk masyarakat harus tetap waspada dan displin melaksanakan protokol kesehatandi masa PPKM Level 2. Sebab jika lengah dikhawatirkan akan terjadi gelombang berikutnya kasus pandemi Covid-19 di DIY. Untuk itu, semua pihak harus bisa menyesuaikan dengan peraturan yang ada dalam PPKM Level 2 yang tertuang dalam Instruksi Bupati (Inbup)/Intstruksi Walikota (Inwal) sesuai arahan Instruksi Gubernur (Ingub) menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeria (Inmendagri) terbaru.

“Saya meminta semuanya, baik itu teman-teman Satgas Covid-19 baik yang ada di DIY, Kabupaten/Kota maupun perkantoran, tempat wisata, retail, masyarakat dan sebagainya tetap menerapkan hal-hal yang dipersyaratakan sesuai protokol kesehatan. Pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan tidak boleh lengah dan jangan sampai kendor, justru harus diperkuat dan ditingkatkan saat PPKM Level 2 ini,” tutur Sekda DIY Kadaranta Baskara Aji di Gedhong Pracimosono Kepatihan, Senin (25/10/2021).

Baskara Aji menyatakan masing-masing bisa menyesuaikan dengan peraturan dalam PPKM Level 2 tersebut, semisal belum mendapatkan QR Code Peduli Lindungi bisa menggunakan langkah atau upaya lainnnya. Pihaknya meminta agar hal tersebut tetap bisa dipatuhui aturan yang diberlakukan, semisal pusat belanja atau mal di DIY menurut penilaian pusat tingkat kepatuhanya 95 persen. Jika tingkat kepatuhan tidak mencapai 95 persen bisa diasumsikan sisanya 5 persen bisa menjadi peluang penularan virus corona muncul.

“Kita bisa meniru tingkat kepatuhan mal di DKI Jakarta yang sudah mencapai 99 persen, ini baru pusat perbelanjaan belum di destinasi wisata dan lainya. Jadi penerapan protokol kesehatan yang baik itulah yang semakin memperbesar prosentasi tingkat kepatuhan sehingga meminimalisir terjadinya penularan kasus positif Covid-19,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI