Antisipasi La Nina, Sultan Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadan

YOGYA, KRJOGJA.com – Peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina tersebut bisa berpotensi atau memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir dan tanah longsor. Menyikapi kondisi tersebut Pemda DIY meminta kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Adapun bentuk dari kewaspadaan itu bisa dilakukan dengan membersihkan saluran air agar tidak tersumbat dan memangkas dahan atau pohon yang berpotensi tumbang.

“Angin yang bertiup dari Selatan ke dataran Yogyakarta tidak bisa keluar. Di sini lah kemudian muncul potensi pohon tumbang karena angin kencang. Karena angin itu muter akibatnya kalau pohon tumbang tidak sekadar pohon yang tumbang, tapi akarnya jadi ikut tercerabut. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk memangkas pohon-pohon yang dinilai berpotensi tumbang,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Kamis (22/10/2020).

Sultan mengungkapkan, selain peningkatan intensitas hujan, La Nina juga juga membawa angin besar. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan masyarakat diminta senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan.

“Saya berharap mestinya pohon-pohon yang cukup tinggi cukup tua ya dikontrol. Karena kalau anginnya kencang berpotensi tumbang.Untuk itu pohon-pohon yang cukup tinggi sebaiknya dahannya di pangkas karena rawan tumbang,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI