Atasi Ketimpangan Ekonomi, Inovasi Daerah Tak Lagi Bersifat Sektoral

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam beberapa tahun terakhir organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Yogya rutin memunculkan inovasi. Akan tetapi inovasi daerah kini tidak lagi bersifat sektoral untuk kepentingan OPD terkait seiring terbitnya Perwal 77/2020.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, memaparkan inovasi daerah sangat dibutuhkan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan aturan yang berlaku. “Permasalahan kota sekarang ini menyangkut ketimpangan ekonomi dan masalah kemiskinan. Gini rasio masih cukup tinggi dan angka kemiskinan ada potensi bertambah seiring pandemi Covid-19,” urainya di sela sharing pembangunan daerah, Kamis (8/10/2020).

Gini rasio yang cukup tinggi menandakan ada jurang pemisah yang lebar antara warga mampu dan kurang mampu. Sehingga peningkatan ekonomi yang terjadi hanya akan dinikmati oleh segelintir orang. Kondisi itu pun berkaitan dengan angka kemiskinan karena aktivitas ekonomi belum menyasar hingga tingkat bawah. Oleh karena itu diperlukan inovasi daerah yang melibatkan lintas OPD.

BERITA REKOMENDASI