Atasi Ketimpangan Ekonomi, Inovasi Daerah Tak Lagi Bersifat Sektoral

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogya Agus Tri Haryono, menambahkan seluruh OPD didorong memiliki inovasi. Hanya, inovasi yang digulirkan tidak lagi bersifat sektoral demi kepentingan internal OPD melainkan harus mampu menyelesaikan masalah kota.

“Permasalahan yang dihadapi Kota Yogya saat ini dari sisi pertumbuhan ekonomi minus dua persen. Bagaimana saat ini bisa menuju angka pertumbuhan sesuai RPJMD, sehingga dibutuhkan inovasi,” jelasnya.

Begitu pula dari angka kemiskinan yang kini mencapai 13 persen. Padahal target optimisnya ialah delapan persen. Dengan begitu, lintas OPD harus bisa bergerak sinergis dan membangun inovasi masing-masing yang saling berkaitan. Dicontohkannya rencana pengembangan ekonomi kreatif di Yogya sisi selatan yang diharapkan kelak berdampak pada pertumbuhan industri kecil di sana.

Agus mengaku, inovasi daerah tidak hanya diusulkan oleh OPD melainkan juga walikota, DPRD, ASN maupun masyarakat luas. Pihaknya pun akan menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk melakukan pendampingan. Bukan tidak mungkin, inovasi yang sudah bergulir namun tidak sesuai dengan persoalan kota maka akan dicabut atau dianulir.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI