‘Babat Alas Mertani’ Refleksi di Kala Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Puncak peringatan HUT ke-264 Kota Yogya tetap menonjolkan gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Meski serba digelar virtual namun perhelatan WJNC #5 tahun ini tidak kehilangan makna. Dengan mengusung lakon ‘Babat Alas Mertani’, menjadi refleksi di kala pandemi.

Sesuai lakon tersebut, terdapat 5 vehicle yang ditampilkan yakni menggambarkan hutan belantara sebagai Alas Mertani, kerajaan jin, keluarga Pandawa, taman kerajaan, dan Istana Indraprasta. Lakon ini berkisah tentang Pandawa yang dihadapkan dengan tempat, kondisi, dan keadaan baru, yaitu Alas Mertani. Alas Mertani merupakan hutan lebat tempat para binatang buas dan bangsa jin bersemayan. Perjuangan dan kekompakan Pandawa melawan gangguan musuh yang tidak bisa mereka lihat dan ketahui, menjadi teladan pada kondisi saat ini.

“Semangat tan mingkuh Pandawa dalam menghadapi tantangan, tumapaknya Pandawa di Alas Mertani serta gandeng gendong mereka dalam menutupi masing-masing kekurangan, dirasakan relevan dan representatif dengan apa yang kita hadapi saat ini. Kami berharap semoga lakon ini bisa menjadi refleksi yang aktual bagi kita terutama dalam menghadapi situasi pandemi saat ini,” urai Walikota Yogya Haryadi Suyuti.

BERITA REKOMENDASI