Balai RW Jadi Shelter, Kemantren Siap Akomodir Warga Isolasi Mandiri

Rumpis mengaku, kendati sudah disiapkan namun belum ditempati oleh pasien. Warganya yang membutuhkan isolasi mandiri, sebagian besar menempati rumahnya masing-masing. “Kapasitas shelter lokal antara dua hingga lima orang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah siap digunakan,” katanya.

Senada disampaikan Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Rajwan Taufiq. Menurutnya sejumlah kampung di wilayahnya telah memiliki tempat yang dapat digunakan sebagai shelter lokal. Meski berupa balai RW maupun balai kampung namun setiap balai bisa menampung hingga lima orang. Hanya dirinya berharap fasilitas tersebut tidak sampai dipergunakan karena warganya menjalankan protokol kesehatan dengan ketat sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Selama ini warganya yang membutuhkan isolasi mandiri masih dapat dilakukan di rumahnya sendiri. Kebutuhan logistiknya pun bisa dicukupi dengan pola gotong royong di wilayah setempat. Namun jika ada yang membutuhkan suplai bantuan, langsung dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Setiap penanganan mulai dari pengawasan dari luar daerah, penyediaan tempat isolasi sampai kebutuhan logistik sudah ada petugasnya. Sehingga siapa pun warga Kotagede yang butuh tempat isolasi mandiri, bisa difasilitasi,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI