Bangkitkan Pariwisata dan Ekraf, Kuncinya Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) akibat pandemi Covid-19 dengan berbagai strategi penguatan. Kunci suksesnya di masa pandemi guna pemulihan yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi sehingga pariwisata dan ekraf bangkit serta lapangan kerja kembali terbuka luas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kondisi pariwisata dan ekraf.akibat pandemi cukup mengkhawatirkan. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terjun besar, wisatawan nusantara (wisnus) turun drastis, tenaga kerja pariwisata berkurang hingga tertekannya devisa pariwisata.

“Kinerja sektor pariwisata DIY 2021 ini pun secara umum masih rendah. Kunjungan wisman menurun tajam sejak pandemi karena penerbangan internasional ke DIY masih belum dibuka sejak April 2020. Okupansi hotel berbintang di DIY sudah berangsur membaik, mencapai 40,42 persen pada Maret 2021 (Wisnus), namun kembali menurun sejak meningkatnya kasus Covid-19 sejak Juni hingga Juli 2021 ini,” ungkapnya dalam Rakordal Tw II 2021 DIY secara virtual, Rabu (28/7/2021).

BERITA REKOMENDASI