Bangunan Baru di Kawasan Pakualaman Wajib Adaptasi Arsitektur Tradisional Jawa dan Indis

YOGYA, KRJOGJA.com – Peraturan Daerah DIY nomor 1 tahun 2017 tentang Arsitektur Bangunan Berciri Khas DIY dan Pergub DIY nomor 40 tahun 2014 tentang Panduan Arsitektur Bangunan Baru Bernuansa Budaya Daerah sudah berlaku. Aturan terkait banguna baru di Kawasan Cagar Budaya (KCB) pun kini sudah diterapkan dengan harapan positif dalam hal budaya serta pariwisata DIY.

Di Kota Yogyakarta tercatat ada beberapa KCB yakni Kraton termasuk Malioboro-Tugu, Pakualaman, Kotabaru dan Kotagede. Masing-masing lokasi memiliki ciri khas baik Indis-Cina, Tradisional Jawa maupun Indis-Kolonial.

Azis Yon Haryono, Anggota Tim Ahli Cagar Budaya mengatakan karakter bangunan di DIY bisa menjadi salah satu hal menarik sebagai daya tarik wisata budaya. Ia mencontohkan bawasanya DIY secara karakter bangunan lebih kaya daripada Bali.

“Kalau kita ke Bali kan di seluruh lokasi bangunannya sama semua, tipenya seperti itu. Tapi kalau di Yogya, tiap kawasan punya ciri khas bangunan. Misalnya Jawa Tradisional di Kraton dan Pakualaman, lalu geser ngidul dikit ada Indis atau Cina lalu Indis Kolonial. Ini yang membuat Yogya tidak membosankan,” ungkapnya dalam sosialisasi warisan budaya dan cagar budaya bersama Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Selasa (9/3/2021).

BERITA REKOMENDASI