1.000 Pelaku Wisata dan Ekraf Ikuti Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Badan Otoritas Borobudur (BOB) memfasilitas vaksinasi Covid-19 untuk pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Bantul, Rabu (28/07/2021). Program tersebut dipusatkan di objek Wisata Hutan Pinus, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Sejauh ini 21.000 pelaku wisata di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul sudah menjalani vaksinasi Covid-19‎.

Direktur Utama Badan Otoritas Borobudur (BOB), Indah Juanita mengatakan program vaksinasi dengan sasaran pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Bantul ditargetkan mencapai 500 sasaran. Selain itu BOB juga menggelar vaksinasi dengan sasaran dan target serupa di Gunungkidul di objek wisata Ngingrong. “Sehingga dalam sehari pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang divaksin mencapai 1.000 orang,” ujarnya.

Dijelaskan, pelaksanaan vaksinasi kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif merupakan bagian dari BOB dalam menyiapkan ketahanan SDM bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY. “Sekaligus sebagai upaya menuju herd immunity sehingga ekonomi DIY bangkit dimulai dari sektor wisata,” jelasnya.

Ketua Koperasi Notowo, Purwo Harsono memberikan apresiasi dengan vaksinasi yang difasilitasi BOB bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DIY, Dinpar Bantul Bantul serta Dinas Kesehatan Bantul. Dengan vaksin bisa menambah kekebalan serta percaya diri pelaku wisata di Dlingo.

“Kami akui, masih ada pelaku wisata menolak disuntik karena setelah disuntik justru mati. Terdapat 10 orang lebih menolak karena kebanyakan nonton media sosial,” ujarnya.

Sebenarnya sudah lama pelaku wisata di Dlingo ingin divaksin, tetapi baru difasilitasi hari ini. Bahkan ada pelaku wisata sudah mendapatkan vaksinasi melalui puskesmas. (Roy)

BERITA REKOMENDASI