1000 Siswa-Guru di Bantul Minum Jamu Bareng

BANTUL, KRJOGJA.com – 1000 siswa dan guru di SMAN 2 Bantul bakal ikut dalam kegiatan minum jamu bareng, Senin (16/9/2019). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pre-event Festival Jamu Nasional 'Menjamu Dijamu' yang akan diadakan 14-17 November 2019 di Plataran Ambarrukmo Hotel Yogya.

Dosen Fakultas Farmasi UGM Dr Ronny Martien MSi, mengungkap kegiatan tersebut sengaja diadakan di SMAN 2 Bantul, karena sekolah ini merupakan sekolah Adiwiyata. Ia berharap nantinya budaya minum jamu menjadi kebiasaan sehat anak-anak muda di berbagai wilayah lain. 

Dalam kegiatan minum jamu bareng, panitia menyediakan 100 liter jamu kunir asem, beras kencur, temulawak yang dibeli dari UMKM. “Kami berharap apa yang dilakukan di SMAN 2 Bantul bisa menginspirasi, nantinya minum jamu jadi kebiasaan positif anak-anak muda kita,” ungkap Ronny pada KRjogja.com Minggu (15/9/2019).

Dikatakan dia, selama ini jamu nyaris terpinggirkan bahkan kalah dengan budaya meminum minuman yang berasal luar negeri. “Ini memprihatinkan dan perlu gerakan segera untuk mengenalkan jamu di kalangan muda, karena jamu merupakan warisan budaya,” imbuh Ronny yang juga penggagas Festival Jamu Nasional 'Menjamu Dijamu'. 

Setelah di SMAN 2 Bantul, kegiatan minum jamu akan dilanjutkan di SMAN 3 Yogya, SMA Kolese De Britto, SMA Stella Duce 1 dan SD Tumbuh 1. "Harapan kami, setelah kegiatan tersebut, pihak sekolah menyediakan jamu corner yang bisa dimanfaatkan oleh murid setempat karena tujuan kami ingin membuat ekosistem jamu menghubungkan UMKM dengan industri, e-commerce, akademisi, dan praktisi,” pungkas Ronny. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI