12 Lowongan CPNS Bantul Dialokasikan untuk Disabilitas

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)2019, Pemkab Bantul membuka 24 lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) jalur khusus. Adapun masing-masing terdiri dari 12 lowonganjalur Cumlaude dan 12 untuk jalur disabilitas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan danPelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta, Selasa (12/11), menjelaskan jalur Cumlaude untuk tenaga pendidik berijazah S1 dari Program Pendidikan, baik dari    Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan Akreditasi A saat lulus.

“Untuk jalur disabilitas tenaga teknis dengan ijazah S1, sedangkan Diploma dengan disabilitas pada anggota tubuh. Jadi, mereka masih dapat beraktivitas tanpa bantuan orang lain,” ungkap Danu.

Dijelaskan, jalur disabilitas alokasi 12 lowongan tersebut mencapai dua persen dari total lowongan   ASN Bantul 2019 yakni sebanyak 601 lowongan. Angka ini sudah melebihi syarat minimal yang diamanatkan Undang-undang sebesar 1 persen.

Diharapkan, kesempatan ini dapat dimanfaatkan penyandang disabilitas yang ingin berkarir sebagai Abdi Negara. Hal itu mengingat tahun lalu dari kuota lima lowongan untuk penyandang disabilitas, namun hanya terisi dua saja. Sehingga sisa kuota tiga lowongan dikembalikan ke jalur umum.

“Pada CPNS ini, untuk jalur umum dibuka 577lowongan. Yakni 124 gurukelas SD, 89 guru olahraga,53 guru  agama  Islam, 20guru bimbingan konseling, 10 guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 10 guru  bahasa Indo-nesia dan 2 guru matematika. Sedangkan sisanya yaitu tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Untuk pengumuman pendaftaran CPNS 2019 dapat  dilihat diwebsite asn.bantulkab.co.id termasuk  untuk  disabilitas,” tandas Danu. (Adk)

 

 

BERITA REKOMENDASI