138 Bintara Polri Dilantik, Tugas Polri Saat Ini Makin Kompleks

BANTUL, KRJOGJA.com – Kapolda DIY Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri MSi, melantik 138 bintara polisi dalam upacara penutupan pendidikan dan pelantikan bintara Polri TA 2018/2019 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro Polda DIY di Imogiri, Senin (4/3/2019). Pelantikan ditandai dengan pelepasan tanda pangkat dari siswa Diktuk serta penyematan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Sebelum dilantik, siswa mengikuti pendidikan pembentukan bintara Polri selama 7 bulan, mulai 7 Agustus 2018 hingga Maret 2019. 

Selama pendidikan, para bintara Polri dibekali pengetahuan dan keterampilan dibidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi tantangan tugas di lapangan. Setelah  tujuh bulan mengikuti pendidikan hingga tuntas. Mereka berhak mendapatkan pangkat dan dilantik sebagai personel polisi dengan pangka Brigadir Polisi Dua (Bripda). 

"Upacara itu merupakan rangkaian program pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun 2018/2019. Pendidikan pembentukan Bintara Polri menjadi sangat penting dalam mewujudkan personel Polri yang promoter dan mampu menjalankan berbagai strategi dan kebijakan. Oleh karena itu perlu dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri berkualitas," jelas Ahmad Dofiri kepada media. 

Tugas Polri semakin kompleks, kaitannya dengan demokratisasi, globalisasi. Oleh karena itu,  Polri mesti menerapkan sistem tugas profesional dan proporsional sesuai peran dan tugas pokoknya. 

"Pelantikan Bintara Polri harus disyukuri sebagai momentum awal pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Selanjutnya personel polisi baru itu langsung dihadapkan dengan beragam agenda sosial kemasyarakatan dan tugas yang memerlukan kesiapsiagaan Polri secara optimal," tegas Kapolda DIY. 

Ahmad Dofiri juga mengucapkan selamat kepada orang tua dan keluarga yang sudah berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi bagian dari keluarga besar Polri. Dalam acara itu juga dihadiri Waka Polda DIY Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno, Kepala SPN Selopamioro AKBP Imam Kabut sariadi SIK MM, Kapolres Bantul Sahat Marisi Hasibuan SIK MH, Dandim Bantul Letkol Kav Didik Charsidi.(Roy)

BERITA REKOMENDASI